Apa itu #BukuBergilir?

Buku Bergilir adalah pilot project personal atau program giveaway untuk memberikan buku secara gratis tiap bulan untuk beberapa orang terpilih. Perbedaannya buku ini tidak boleh disimpan, tapi harus di gilirkan dan dipinjamkan ke orang lain (teman, pacar, keluarga, orang tak dikenal, dll) setelah selesai dibaca.

It’s nothing new, i’m sure somebody out there have done this or doing the same, tapi ya, apa salahnya jika banyak gerakan seperti ini? Gue gaktau bagaimana program ini berjalan kedepannya, berharapnya semua yang terlibat bisa ikut bantu gerakan ini. Masalah nanti bukunya di simpan untuk diri sendiri atau apapun, gue nggak takut, setidaknya i give them something to read, that is something, and it’s good enough to me, i have nothing to lose. Walaupun begitu gue akan tetap akan selektif untuk memilih. Dan tergantung dari respon program ini, dan kalau ada rezeki, gue akan tetap melakukan ini kedepannya.

Kenapa #BukuBergilir?

  1. Buku itu mahal.
    Ide #BukuBergilir ini hasil dari sebuah pemikiran dan penemuan gue pada beberapa artikel mengenai bagaimana buku itu sesuatu yang sebenarnya mahal dan aksesnya tidak mudah untuk sebagian orang.

  2. Buku hanya menjadi pajangan berdebu di rak
    Melihat dari yang gue alami sendiri, buku yang tak terpakai, yang sudah pernah dibaca, akhirnya hanya akan berakhir di rak buku, dan gak akan pernah tersentuh atau di baca lagi. Untuk alasan ini akhirnya gue ingin membangun awareness untuk meminjamkan koleksi-koleksi buku ini.

  3. Membangun jaringan pembaca
    Dengan projek ini gue berharap agar bisa membangun jaringan pembaca lewat saling pinjam meminjam buku secara bergilir.

  4. Simply to do good, that has value to others
    Alasan utama secara personal, i simply want to do good, that's it really. Visi besarnya adalah gue ingin membantu permasalahan literasi yang ada di Indonesia juga dengan projek kecil ini.

  5. Membangun platform social crowd library
    Goal besar gue saat ini dari projek ini nantinya adalah gue ingin membuat perpustakaan yang semua bukunya berasal dari semua orang atau sebuah crowdsource social library. Let see how it goes

  1. Tiap bulan gue akan tentukan buku, dan akan pilih 2 atau 3 orang yang gue berikan buku ini (1 orang pilih satu buku).

  2. Orang yang terpilih ini nanti akan gue kirim kan buku tersebut lalu harus memberikan / meneruskan bukunya ke orang lain (siapapun) setelah selesai membaca. Dan seterusnya orang berikutnya tersebut juga harus melakukan hal yang sama.
    Nantinya akan ada form untuk ini, sehingga gue bisa keep on track sejauh mana buku-buku ini sudah berkelana.

  3. Untuk ikut berpartisipasi, silahkan follow dan juga komentar postingan #BukuBergilir di tiap bulannya yang akan gue share melalui IG @hasyemiraws), dengan pilihan buku yang diinginkan.

  4. Yang terpilih akan gue hubungi via DM untuk instruksi lebih lanjut mengenai mekanismenya.

Bagaimana cara ikutan?

Gue berharap program ini bisa terus berjalan, dan bisa menjadi lebih besar lagi nantinya. Jika punya saran/kritik/ide untuk projek ini dan ingin sama-sama berkontribusi dan berkolaborasi, silahkan sampaikan aja via email ke hi@hasyemiraws.com, atau bisa via DM twitter maupun Instagram @hasyemiraws.