Review Film Asal-asalan: Ant-Man & The Wasp. Kemana Ant-Man saat Thanos Menyerang?

Review Film Asal-asalan di blog ini hadir kembali dengan film terbaru Marvel, yaitu Ant-Man and the Wasp, film sequel dari film pertamanya di tahun 2015. Di tulisan ini akan gue coba bahas tentang bagaimana tanggapan gue terhadap film ini, apa yang kurang/bagus, dan mempertanyakan pertanyaan besar di MCU, kemana Ant-Man ketika Thanos datang menyerang?

Tidak seperti sebelumnya dimana gue bilang akan menuliskan 2 tulisan versi spoiler dan versi non spoiler di review sebelumnya, (dimana ga jadi karena gue gak pernah sempet buatnya XD) maka kali ini gue akan buat dalam satu tulisan aja, jadi akan ada sesi spoiler nantinya di bagian bawah. Jadi buat yang belum nonton, spoiler alert ahead!


Ant Man And The Wasp
Sinopsis

Ant Man and The Wasp adalah film ke 20 dalam serial MCU, film ketiga sekaligus terakhir di tahun 2018 ini. Jadi sedihnya kita tidak akan melihat film Marvel lagi sampai tahun depan :(.

Kembali dengan masih di bintangi oleh beberapa karakter utama dari film pertama di tahun 2015, Scott Lang (Paul Rudd), Hope van Dyne (Evangline Lilly), Dr. Hank Pym (Michael Douglas), Cassie Lang, bahkan beberapa kru dan teman-teman dari Scott Lang, Luis, Dave & Kurt kembali hadir di film ini.

Plot dari Ant-Man and The Wasp adalah setelah Scott Lang di film sebelumnya berhasil secara mengejutkan keluar dari Quantum Realm ketika ia berubah ke ukuran subatomic, Hank Pym mulai berharap dan berpikir bahwa istrinya masih hidup didalam sana dan masih bisa diselamatkan, maka ia mulai membangun alat untuk masuk ke Quantum Realm dan mengeluarkan istrinya dari dalam sana.

Dalam misinya kali ini Hank dan Hope menemui kendala dimana ia harus menghadapi 2 kubu musuh yang mengetahui alat yang sedang mereka bangun dan mencoba mengambilnya yaitu Ghost dan Sony Burch.

Timeline

Seperti biasanya pertanyaan utama yang muncul adalah tentunya timeline, kapan Ant-Man and The Wasp berlangsung di dalam keseluruhan timeline MCU? Apakah sebelum Infinity War atau sesudah? Dan jawabannya adalah kejadian di film ini berlangsung sebelum kejadian dari Infinity War terjadi, dan dari beberapa easter egg yang gue telusuri spesifiknya adalah 3 hari sebelum Infinity War terjadi, yang memang sepertinya masuk akal.

Dan sepertinya juga memang sejalan seperti yang gue singgung di review film Avengers: Infinity War, dimana gue bilang kira-kira terjadi sekitar 2 tahun sejak Captain America: Civil War, dimana disanalah terakhir kali kita melihat Ant-Man, maka make sense untuk mengatakan bahwa Ant-Man and The Wasp ini juga terjadi setelah sekitar 2 tahun, tapi (mungkin) 3 hari sebelumnya.

Jadi kemana aja Ant-Man selama waktu itu?

Di tahan di rumah.

Ya, jadi setelah kejadian Civil War kita ingat di akhir semua yang mendukung Captain America sempat ditangkap, nah untuk kasusnya Scott Lang ia harus menjalani house arrest. Pertanyaan gue sih selama 2 tahun itu dia ngapain aja ya? Gak bosen apa? Tapi di lihat dari scene awal film, ia mulai sibuk dengan perusahaan barunya sama krunya sebelumnya dan menghabiskan waktunya dan makin dekat bersama anaknya Cassie Lang.

Bagaimana dengan Dr. Hank Pym & Hope? Selama 2 tahun itu mereka dalam pelarian juga dan sibuk membuat terowongan yang bisa digunakan untuk masuk ke dalam quantum realm. Tapi mereka selama 2 tahun ini gak pernah sama sekali ketemu sama Scott, karena mereka marah dengan Scott yang ikut membantu Captain. Dan dari situ juga mereka harus melakukan pelarian karena efek dari Sokovia Accord yang terjadi.

Storyline

Kalo di tanya ada kaitan langsung dengan Avengers Infinity War? Nggak ada sama sekali kalo di keseluruhan cerita. (Kecuali di post creditnya). Jadi Ant-Man & The Wasp ini memang adalah film yang memang terkontaminasi sendiri, dan punya cerita sendiri. Tapi bisa jadi step up stone ke film berikutnya yaitu Avengers 4.

Sebagai sebuah sequel, menurut gue Ant-Man & The Wasp berhasil membawakan cerita mereka. Buat gue Ant-Man & The Wasp ini memang di rasa sebagai filler yang menyenangkan antara Infinity War dan Film Avengers berikutnya. Karena di lihat dari plot dari film sebelumnya, mengusung cerita untuk mengexplore quantum realm dan membawa Janet van Dyne (ibunya Hope) itu tepat banget.

Cuma satu celah yang sebenarnya gue rasakan di film ini yaitu villain atau antagonis disini kurang powerful, dalam artian motifnya. Melihat dari beberapa film Marvel terakhir yang akhirnya menampilkan villain yang bagus seperti Killmonger, Zemo, maka di film ini terlihat jelas perbedaannya.

Ghost - Ant Man And The Wasp

Di film ini sebenarnya Hank, Hope dan Scott punya beberapa masalah yang harus dihadapi yang pertama adalah FBI, karena status Hank & Hope setelah Sokovia Accord terjadi adalah buronan, kedua Sony Burch yang mirip-mirip Ulysess Klauss yang berada di area black market dan terakhir Ghost, hantu dari masa lalu eh tapi emang beneran sih itu hasil kesalahan masa lalu dari Hank. Dan sebenarnya yang terakhir adalah waktu, karena Janet memberikan koordinat yang bisa berubah dalam durasi waktu yang singkat.

Selain itu juga Scott yang masih sebenarnya dalam kondisi house arrest, dan hanya perlu 3 hari lagi untuk menyelesaikan masa tahanannya harus sering bolak balik sehingga tidak terlihat oleh FBI keluar dari rumah untuk membantu Hank dan Hope.

Impression

Ok langsung aja ke impresi gue.

Ant Man & The Wasp sekali lagi adalah film yang menyenangkan. Jokesnya sangat menghibur dan melihat kepolosan atau kebodohan Scott juga sama menghiburnya. Kita juga kembali melihat Luis dan joke ceritanya.

Dan film ini tuh familly friendly banget. Kayanya dari semua karakter atau film Marvel, cuma Ant-Man & The Wasp yang memang motivasi dan orientasi fokus terbesarnya adalah keluarga (eh, ada juga Hawk Eye sih). Gue senang banget melihat chemistry antara Scott dan Cassie, karena dari film pertama Cassie itu loveable karakter banget sih yang memang mencintai ayahnya walau dia tahu ayahnya seorang pencuri. Di film kedua ini bahkan ia mau banget menjadi partnernya.

Cassie Lang - Ant Man And The Wasp

Kenapa gue bilang ini film yang keluarga banget? Karena memang konflik yang di fokuskan adalah tentang keluarga, membawa kembali ibunya, motivasi terbesar Hope dan Hank.

Hope van Dyne, luar biasa. Di film ini memang fokus utama dan yang lebih menonjol adalah Hope van Dyne, she’s real badass. Di film pertama, Hope ini memang udah kelihatan pengen banget untuk memegang mantel Ant-Man, sayangnya Hank Pym tidak setuju dengan itu, namun di akhir kita ingat Hank memperlihatkan baju The Wasp dan Hope terlihat excited.

Hope van Dyne - Ant Man And The Wasp

Tapi yang kurang disini menurut gue adalah kurangnya scene yang menunjukan back story mengenai kedekatan keluarga mereka dengan Janet. Hanya cerita ketika Hope kecil saja yang ada, dan juga flashback yang dilihat oleh Scott. Tapi untuk chemistry Hope dan Scott, itu bikin gemes banget sih.

Scott & Hope - Ant Man And The Wasp

Secara visual effect dan filmography film ini bisa di bilang lebih baik daripada film sebelumnya, karena disini lebih banyak action scenenya daripada film yang pertama. Yang gue suka adalah bagaimana akhirnya mereka banyak menggunakan efek atau teknik untuk mengecilkan atau memperbesar sesuatu, i’m amazed bahkan ketika lihat di trailer waktu Hank mengecilkan gedung menjadi koper. Itu keren banget sih.

Gue juga menyayangkan disini mereka masih kurang mengeskplorasi quantum realm secara jauh. Karena konsep quantum realm, multiverse dimension ini benar-benar dunia yang Marvel belum perlihatkan secara jelas.

Quantum Realm - Ant Man And The Wasp


The Ending. (Spoiler)

Ok, untuk yang belum nonton dan gamau melihat spolier silahkan tinggalkan tulisan ini karena gue akan membahas beberapa hal yang mengandung spolier.

Singkat cerita, Janet van Dyne berhasil dikeluarkan. Hank akhirnya berhasil masuk melalui tunnel yang berhasil mereka buat walaupun ada intervensi dari Ghost dan bisa menuju koordinat yang diberikan oleh Janet melalui tubuh Scott. Ini adegan yang menarik dan sekaligus lucu sekali karena Scott berlaku seperti Janet yang luar biasa pintar dan menggunakan badannya untuk berinteraksi dengan Hank dan Hope.

Tapi pertanyaan yang muncul adalah apakah masuk ke tubuh Scott adalah salah satu kekuatan yang bisa dimiliki jika telah menyerap kekuatan yang ada di dalam quantum realm?

Janet van Dyne - Ant Man And The Wasp

Disini sebenarnya gue berpikir (karena film tuh biasanya begitu), kalo mereka akan gagal, dan Ghost akan berhasil membunuh Janet. Ternyata yang gue pikirkan salah. Janet keluar dengan selamat. Dan Ghost, juga terselamatkan di bantu olehnya. Ini hal lain yang gue sayangkan. Gue mengharapkan bisa melihat lebih banyak adegan Janet. Mungkin sedikit cerita mengenai bagaimana Janet survive di dalam quantum realm berpuluh-puluh tahun lamanya. (Mungkin di film ketiga ya?)

Film berakhir dengan bahagia (untuk beberapa saat), Scott selesai dari masa tahanan rumah kemudian langsung menghabiskan waktu dengan Cassie dan Hope menonton film di layar iphone sebagai bioskop dan mereka menjadi kecil. Janet dan Hank berada entah dimana menjalani kehidupan baru. Dan Ghost terlihat mulai sembuh tapi belum sepenuhnya sembuh setelah dibantu oleh Janet.

Nah disini buat gue akhir cerita mengenai Ghost terlihat menggantung, karena diakhir ia bilang kepada Bill Foster mengenai rencananya masih berjalan. Rencana apa yang mereka bicarakan? Apakah sebuah hint ke film selanjutnya?

Post Credit Scene

Seperti yang kalian bisa tebak ya post creditnya pasti punya hubungan dengan Avengers: Infinity War. Yep, Ant-Man and The Wasp punya 2 post credit scene, keduanya sebenarnya sama-sama berkaitan dengan Infinity War, tapi yang terakhir kalian sebenarnya bisa skip.

Yang pertama adalah Hank, Hope, Janet dan Scott berada di atas gedung membawa van, dimana tunnel yang mereka buat berada di dalam van tersebut. Scott masuk ke dalam tunnel tersebut untuk mengambil energi di dalam quantum realm yang akan digunakan untuk lanjut menyembuhkan Ghost yang sebelumnya belum sembuh sepenuhnya.

Tapi ketika di dalam ketika Scott selesai akan kembali, suara mereka hilang dari kendali, dan whuush they turn into ashes. Scott terjebak di dalam quantum realm!

Sedangkan di post credit kedua adalah cuplikan kecil aftermath setelah kejadian snap dari Thanos, terlihat TV menampilkan emergency broadcast dan disitu terlihat Semut yang menjadi double selama Scott keluar rumah sedang bermain drum. Semut itu masih memainkan peran decoy nya dan masih melakukan kebiasaan yang Scott biasa lakukan. Ada kaitannya dengan film selanjutnya? TIDAK ADA, kasian deh nungguin sampe abis.

Ya maka bisa di pahami, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara Scott Lang akan keluar dari quantum realm? Pertanyaan yang akan terjawab di film selanjutnya. Tapi ada pertanyaan lain yang muncul, bagaimana bisa mereka ga tau kalo Thanos datang menyerang bumi? Apa mereka ga nonton berita?

Kesimpulan

Ant Man & The Wasp, “Real heroes, not actual size” menurut gue tagline yang memang cocok banget untuk film ini. Buat gue memang Ant-Man masih menjadi karakter yang dikesampingkan atau istilahnya underdog. Tapi dia punya kekuatan lebih dari itu.

Film Ant-Man adalah film sekuel yang menyenangkan, menghibur, familly friendly, pastinya punya banyak aksi yang memukau, dan akhir yang akan membuat anda tercengang. Untuk yang belum kenal sama Ant-Man sebelumnya, kalian harus banget nonton terlebih dahulu/sesudah nonton Ant-Man & The Wasp film yang pertama di tahun 2015, dan juga sebagai tambahan yaitu Captain America: Civil War.

Gue sangat menantikan peran Ant-Man di Avengers 4 ini akan seperti apa. Akhir kata gue kasih film ini 8 dari 10.


Related Post

Ulasan Film Mission Impossible: Fallout. Sequel Terbaik Serial Mission Impossible?

thoughts Read More

Merantau dan Beberapa Cara Yang Bisa Mengubah Pola Pikir Kita.

thoughts Read More