Highlight 2017 dan Rencana 2018

Selamat tahun baru, selamat datang di tahun 2018. Gue tau tulisan ini agak sedikit terlambat, tapi lebih baik terlambat dari pada tidak ada sama sekali. 2017 sudah pergi, sangat cepat tidak terasa. Banyak hal yang terjadi di 2017, baik dan buruk, tulisan ini sejatinya adalah sebuah pengingat untuk gue, akan banyak hal yang telah dan belum gue lakukan.

Tahun 2017 dibuka dengan gue kembali balik lagi ke Malaysia untuk meneruskan pekerjaan gue. Pekerjaan yang awalnya hanya di kontrak selama satu tahun, kini bertambah jadi 2 tahun lagi, walau ada opsi untuk gue jadi permanen, mana tahu gue berubah pikiran untuk kembali pulang ke negara tercinta. Tentu saja perasaan itu ada, gue pasti akan kembali.

Pekerjaan utama alhamdulillah lancar sejauh 2017 ini, i did struggle few times, tapi semua orang sangat suportif terhadap itu. Gue belajar cukup banyak dan masih berpikir banyak hal yang masih ingin gue lakukan untuk perusahaan gue saat ini.

Finansial jujur di tahun ini gue agak struggle terutama di 6-7 bulan pertama karena harus ngatur baik-baik keuangan karena gaji yang masih di potong pajak. Dan juga di bulan-bulan akhir di mana ambisi balas dendam karena di potongnya gaji itu mengeluarkan sisi konsumtif gue.

Gue yang jarang banget liburan jauh justru baru merasakan liburan di 2 bulan akhir di 2017, di 2 bulan ini gue akhirnya bisa travel ke beberapa tempat yang emang gue udah lama inginkan. Ini juga yang akhirnya bikin pengeluaran gue membengkang di akhir.

Personal project, beberapa projek dan hal yang gue rencanakan di awal tahun memang ada yang berjalan salah satunya web blog ini, well tapi i’m not that satisfied dengan ini, karena gue telat untuk mengerjakan ini karena terlalu overthinking. In fact, bagi gue web ini belum selesai, gue masih punya beberapa list perbaikan dan ide yang belum terlaksana.

Tapi bagi gue it’s good start, bahkan permohonan adsense untuk web ini pun ajaibnya sudah diterima. Jadi menurut gue ini jadi fondasi yang bagus. Karena kebanyakan hal yang gue rencanakan akan kebanyakan melibatkan web gue ini.

Gue juga akhirnya mulai baca buku, ini juga gue gagal memenuhi target. 28 buku dari 50 yang gue targetkan.

Hal yang belum kesampaian di 2017? Banyak banget. Salah satunya: Youtube. Yup, ini sebenarnya bahkan sudah gue ingin lakuin sejak 2016, entah kenapa sangat sulit ngumpulin keberanian untuk bicara di depan kamera. Perasaan takut ga di terima, di cibir, takut ga ada yang akan nonton, semua perasaan mixed jadi satu. Gue juga belum berhasil memulai salah satu atau dua ide bisnis yang gue ingin jalankan.

So, i’m gonna need Benakribo spirit of #JustFreakinStart.

So in nutshell, my 2017 was okay, could be better, but instead making it better there was too many procrastination and overthinking from my self. Ada beberapa hal lainnya yang dalam diri gue pikir kurang, dan tahun baru itu berarti umurku semakin tua, sudah mulai harus mikirin nikah, karena kebanyakan teman-temanku yang lain sudah menuju kesana. Itu artinya harus lebih bebenah diri, benerin agama, benerin kepribadiaan juga.

So with that being said, i still have a lot of homework to do. Inilah beberapa rencana di 2018 yang sebenarnya lebih kepada PR dari tahun 2017.

Projek hasyemiraws.com:

  1. Beberapa desain change untuk layout
  2. Beberapa missing page, seperti about, portofolio
  3. halaman PLAYGROUND & RESOURCES
  4. Lebih sering nulis post lagi, terutama mulai nulis untuk kategori dev.
  5. Dual Bahasa?

Personal Skill Improvement:

  1. More JS (I want to learn React Native, more Vue.js, and everything)
  2. More CSS!
  3. More Performance Handling!
  4. Pengen mulai jadi UI/UX desainer

Video Youtube. Selain akan mencoba mengisi konten untuk channel gue, gue juga punya beberapa ide yang ingin gue coba jalankan dengan beberapa teman expat gue, yang gue sebut #ExpatLife. We’ll see how it goes deh ya hehe…

Di 2018 ini intinya gue ingin coba lebih banyak lagi baca, dan menulis. Sebagai developer, gue juga pengen lebih mendalami dan fokus lebih lagi ke skill-skill yang diperlukan sebagai front end developer, terutama javascript dan css yang selalu berkembang. DAN gue pengen banget untuk mulai belajar jadi UI/UX desainer, mudah-mudahan bisa mulai di tahun ini. Maybe i’ll also put “write my own book” as one of goals in 2018? I really wanna do that.

Happy New Year! Mari Berkarya.


Cover Image by:

unsplash-logoNordWood Themes

Related Post

Ulasan Film Mission Impossible: Fallout. Sequel Terbaik Serial Mission Impossible?

thoughts Read More

Review Film Asal-asalan: Ant-Man & The Wasp. Kemana Ant-Man saat Thanos Menyerang?

thoughts Read More